10/21/2015

Apa itu bitcoin? Bagaimana cara trading/menukarkan ke Rupiah?






Apa itu bitcoin?

Bitcoin adalah sebuah uang elektronik yang di buat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Nama tersebut juga dikaitkan dengan perangkat lunak open source yang dia rancang, dan juga menggunakan jaringan peer-to-peer yang menghubungkan semuanya. Tidak seperti mata uang pada umumnya, bitcoin tidak tergantung dengan mempercayai penerbit utama. Bitcoin menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node - node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi, dan menggunakan kriptografi untuk menyediakan fungsi - fungsi keamanan dasar, seperti memastikan bahwa bitcoin - bitcoin hanya dapat di habiskan oleh orang mempunyainya, dan tidak boleh dilakukan lebih dari satu kali.

Desain dari Bitcoin memperbolehkan untuk kepemilikan tanpa identitas (anonymous) dan pemindahan kekayaan. Bitcoin - bitcoin dapat di simpan di komputer pribadi dalam sebuah format file wallet atau di simpan oleh sebuah servis wallet pihak ketiga, dan terlepas dari semua itu Bitcoin - bitcoin dapat di kirim lewat internet kepada siapapun yang mempunyai sebuah alamat Bitcoin. Topologi peer-to-peer bitcoin dan kurangnya administrasi tunggal membuatnya tidak mungkin untuk otoritas, pemerintahan apapun, untuk memanipulasi nilai dari bitcoin - bitcoin atau menyebabkan inflasi dengan memproduksi lebih banyak bitcoin. 

Singkatnya bitcoin adalah mata uang elektronik yang didasari oleh teknologi yang paling baru dan mulai menjadi pilihan sebagai pengganti emas. Bitcoin sendiri dibuat dari gabungan berbagai teknologi dari cryptografi, ekonomi dan network membentuk sebuah program yang terdiri dari network peer-to-peer yang kokoh dan hampir mustahil untuk diserang, teknologi atau lebih tepatnya mata uang baru ini disebut cryptocurrency. Bitcoin ini pada akhirnya berfungsi sebagai mata uang. 

Berdasarkan DailyDotCom penggunaan Bitcoin atau mata uang cryptografi ini terus meningkat drastis. Tahun 2012 lalu titik transaksi tertinggi berhasil diraih dengan transaksi mencapai 58.000 per hari. Sekarang setelah tahun baru transaksi Bitcoin terus stabil pada titik 50.000 transaksi per harinya. Pengguna internet terus antusias menggunakan bitcoin sebagai mata uang internet yang sepenuhnya bersifat digital. Bahkan perusahaan raksasa seperti Wordpress sekarang menerima mata uang bitcoin dalam penyediaan jasanya. Berdasarkan Forbes bitcoin menjadi alternatif mata uang yang populer karena kemudahannya dalam penggunaannya, sistem yang terdesentralisasi dan akses yang tersedia untuk semua orang menjadi daya tarik utama dalam mata uang ini. 

Bahkan Bitcoin sendiri pernah dikabarkan menjadi saingan utama industri perbankan. Macleans menuturkan bahwa Bitcoin berbeda dengan mata uang online yang pernah ada di internet. Sistem yang terdesentralisasi berarti peredaran uang tidak bisa diatur oleh siapapun. Dan layaknya uang kas, transaksi bitcoin terjadi langsung dari orang ke orang tanpa perantara sehingga biaya pengiriman sangatlah minim dan transaksi ini terjadi tanpa ada batasan apapun. Sistem yang terdesentralisasi juga menjaga keamanan privasi pemilik bitcoin dan memastikan bahwa uang bitcoin mereka tidak bisa dibekukan oleh siapapun. Penggunaan bitcoin sendiri juga terus meningkat. Mt.Gox, exchanger bitcoin terbesar menunjukkan bahwa mereka telah melakukan penukaran bitcoin dengan dollar hingga mencapai titik fantastis sebesar $3 juta dollar dengan nilai tukar 1 bitcoin untuk 13 dollar. Kedepannya bitcoin diramalkan akan terus meningkat dan pengguna bitcoin akan terus bertambah. 



Seperti layaknya mata uang lainnya Bitcoin telah digunakan di banyak tempat seperti : 
  1. Perdagangan barang umumnya seperti di Forum Jual Beli : Bitmit, BitcoinMarketPlace. 
  2. Penukar Bitcoin dengan mata uang lain seperti USD, Yen, Euro, dll : mtgox, bitcoincharts. 
  3. Forex menggunakan bitcoin : Bit4X, FirstNationaLib. 
  4. Penyedia jasa penyimpanan wallet bitcoin. Berfungsi layaknya account Paypal, LR dll : BlockChain, CoinBase, WalletBit. 

Untuk mengetahui tentang bitcoin lebih lanjut anda dapat melihat di weusecoins.com atau bitcoin.org.


Lalu? Bagaimana cara trading ke rupiah?

Sekarang saya akan membagikan cara menukarkan bitcoin menjadi uang sungguhan, tetapi sebelum nya anda harus mempunyaii wallet tempat menyimpan Bitcoin yang anda dapatkan. Untuk membuat wallet bitcoin, silahkan ikuti petunjuk dibawai ini : 

Buka situs Blockchain atau klik DISINI.
Klik Wallet (lihat gambar dibawah yang ditandai dengan kotak berwarna merah dengan angka 1). 
Jika mau, anda dapat merubah bahasa dengan bahasa yang anda inginkan (lihat kotak merah dengan angka 2 pada gambar dibawah). 

Setelah mengikuti langkah pada Poin 2 anda akan dibawa pada halaman berikut : 

Klik Start A New Wallet dan anda akan masuk pada halaman form pendaftaran. 

Untuk mengisi form pendaftaran silahkan mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut : 
  1. Alias : dapat di isi dengan nama anda atau text lainnya yang berguna untuk membantu login ke wallet anda. 
  2. Password : password anda harus berisi minimal 10 karakter dengan gabungan huruf, angka dan simbol. Ingat passwor yang anda buat, karena tidak akan ada fitur reset password yang akhirnya dapat membuat anda kehilangan akun wallet anda. 
  3. Captcha : isi captcha sesuai dengan karakter yang muncul diatasnya. 
Jika sudah selesai, klik Continue dan anda dapat login ke wallet yang sudah anda buat tadi. 
Setelah anda login ke wallet yang telah dibuat tadi, anda akan diberikan alamat wallet yang menjadi sarana untuk menerima dan mengirim bitcoin. Alamat wallet anda berupa gabungan angka dan hutuf contohnya : 169n6pczqGT3kT5mihaU8eagcsuuDAqSCm. 

Jika anda sudah memiliki wallet bitcoin, sekarang saatnya saya akan membagikan dimana anda bisa mendapatkan bitcoin secara gratis.Nah sekarang saya akan bahas tentang opsi yang kedua tadi, yaitu bila anda ingin mencairkan atau menarik dana Bitcoin ke dalam mata uang Rupiah. Berikut adalah cara yang sering kali atau biasanya saya gunakan:

Pertama anda harus terdaftar di dalam Exchange Indonesia, satu – satunya exchange yang melayani trading Bitcoin di Indonesia adalah Bitcoin.co.id jadi silakan anda buat akun disana terlebih dahulu. 
Jika anda sudah mempunyai akun disana, langkah selanjutnya adalah memindahkan saldo Bitcoin anda kedalam akun Bitcoin.co.id yang sudah anda buat tadi. Langkah pertama silakan klik menu withdraw –> Bitcoin. Setelah itu silakan anda isi alamat Bitcoin address yang ada di Bitcoin.co.id. Untuk mengetahui alamat Bitcoin address anda silakan klik menu Deposit Bitcoin disitu nanti akan muncul Alamat Bitcoin anda, silakan itu anda copy dan masukkan di kolom Bitcoin address yang ada di Justcoin tadi. Lalu lanjutkan ke bagian Amount to send ini adalah berapa banyak nominal Bitcoin yang akan anda kirimkan ke akun Bitcoin.co.id anda (silakan isi sesuai dengan kemauan anda). Setelah semuanya selesai jangan lupa anda klik tombol Withdraw Bitcoin yang berwarna hijau. (silakan lihat gambar dibawah): 




Gambar Akun bitcoin



Lalu silakan anda tunggu sebentar sambil membuat secangkir kopi dan menyalakan rokok hehehe mungkin sekitar 10 menit biasanya dana akan langsung masuk kedalam akun Bitcoin.co.id anda. Anda bisa cek di menu history Bitcoin.co.id anda dengan klik menuDeposit Bitcoin dan disitu akan terlihat Riwayat Deposit Bitcoin anda. 

Ok sekarang akun di Bitcoin.co.id anda sudah terisi saldo Bitcoin, langkah selanjutnya menjual Bitcoin anda kedalam rupiah di dalam market atau pasar yang ada di Bitcoin.co.id.
Klik menu Market Bitcoin dan masukkan jumlah Bitcoin yang ingin dijual pada Tabel Jual Bitcoin sesuai dengan harga Rupiah yang tertera dan tekan tombol JUAL BITCOIN. Klik tombol “OK” apabila muncul konfirmasi. (silakan lihat gambar): 


Apabila order telah terpenuhi maka saldo Rupiah akan muncul di saldo Bitcoin.co.idAnda. (silakan lihat gambar): 


Sekarang anda sudah mempunya saldo dalam bentuk rupiah di akun Bitcoin.co.id, langkah terakhir adalah melakukan permintaan penarikan dana rupiah anda kedalam bank anda seperti BCA, BRI, MANDIRI, BNI, dll. 

Silakan klik menu Penarikan Rupiah, setelah itu masukkan nominal rupiah yang ingin anda cairkan kedalam bank anda, isi nama lengkap anda (harus sesuai dengan nama yang tertera di rekening bank anda), lalu silakan pilih bank apa yang anda pakai, dan masukkan nomor rekening bank anda, lalu masukkan PIN Google Auth (jika anda mengaktifkan 2 langkah verifikasi), dan terakhir jangan lupa klik tombol KIRIM. 

Setelah itu anda akan diminta untuk konfirmasi permintaan penarikan dana anda yang sudah dikirim ke email yang terdaftar di Bitcoin.co.id anda, jadi silakan buka email anda dan lakukan konfirmasi. (silakan lihat gambar): 



Setelah langkah di atas sudah dilakukan semuanya, anda tinggal menunggu dana rupiah anda di Bitcoin.co.id untuk dipindahkan atau di transfer ke rekening anda :) biasanya proses ini memakan waktu maksimal sekitar 12 jam (tergantung dari banyak atau tidak nya permintaan). 

Nah gampang kan? Itu tadi adalah langkah – langkah Bagaimana Cara Merubah Bitcoin Menjadi Rupiah. Kata gue sih daripada ribet bikin blockchain wallet sendiri, masih lebih mudah vip.bitcoin.co.id kemana-mana. Selain bisa merupiahkan, kita bisa juga bisa sekaligus menariknya dan gak akan pernah mengalami kehilangan identifier wallet. Baiklah sampai disini saja informasi posting saya kali ini dan sampai jumpa pada kesempatan posting saya yang selanjutnya.

1 comment:

  1. Anda dapat menukar FasaPay USD, Bitcoin, litecoin, BTC-e, Perfect Money USD, USD OKPAY ke FasaPay IDR dengan kurs 13.950 IDR untuk 1 USD pada layanan Unichange.me.
    Anda dapat melakukan order dengan arahan berikut ini :
    FasaPay USD ke FasaPay IDR -> https://unichange.me/order/simple/fasapay_usd_fasapay_idr
    Bitcoin ke FasaPay IDR -> https://unichange.me/order/simple/bitcoin_fasapay_idr
    Litecoin ke FasaPay IDR -> https://unichange.me/order/simple/litecoin_fasapay_idr
    Kode BTC-e USD ke FasaPay IDR -> https://unichange.me/order/simple/litecoin_fasapay_idr
    Perfect Money ke FasaPay IDR -> https://unichange.me/order/simple/perfect_money_usd_fasapay_idr
    OKPAY ke FasaPay IDR -> https://unichange.me/order/simple/okpay_usd_fasapay_idr
    Biaya Bitcoin, Litecoin dan kode BTC-e USD ke FasaPay IDR adalah 0%.
    Jika Anda mempunyai pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi tim dukungan kami untuk informasi lebih lanjut.

    ReplyDelete